Home / Kabar / Dalam Negeri / Rizal Ramli Tak Takut Dicopot

Rizal Ramli Tak Takut Dicopot

Sebarkan:

Sebagai menteri Kemaritiman yang baru dilantik kemarin Rizal Ramli langsung berkoar-koar dan tak berubah sikapnya walau sudah jadi menteri tetap saja mengkritisi sesuatu yang menurut dia tidak cocok. Setelah sukses bikin Menko BUMN Rini sewot lalu bikin pak Wapres JK keder pak Rizal tak akan gentar dicopot jadi menteri.

Menteri Rini sewot karena Rizal mengobok-obok bisnis Maskapai Garuda yang akan membeli Airbus.  Padahal sebenarnya pak Rizal tak ada urusan di BUMN dan tak ada wewenang mengatur-atur bisnis Garuda. Tapi itulah Rizal yang tak gentar, jika dia merasa ada yang salah menurut pengalaman dan daya nalarnya yang mumpuni pasti akan dipaparkan tanpa tedeng aling-aling.

Jika menteri Rini sewot ya jelas saja karena wewenangnya sebagai menteri BUMN diusik oleh menteri lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan tugas sendiri. Mungkin menurut bu Rini, ngapain Rizal ini ikut campur urusan di kementeriannya. Padahal kan tugas pak Rizal masih banyak di Kementerian Kemaritiman. Apa memang gak ada kerjaan di sana sampai-sampai pak Rizal ngurusin pekerjaan orang lain?

Bisnis memang tak pasti bisa saja apa yang dikatakan Rizal itu benar bahwa belum tentu Garuda akan untung jika beli Airbus lagi. Tapi pastinya di Garuda bukannya orang-orang bodoh yang tidak bisa menganalisa prosfek bisnis kedepannya. Jika nantinya untung maka negara juga akan untung.

Mungkin pak Rizal sebagai menteri kemaritiman merasa tidak cocok karena tidak ada yang bisa dikerjakan di situ. Tugasnya mungkin tumpang tindih dengan Ibu Susi yang sudah duluan gencar membabat mafia ikan sehingga terlihat banyak kemajuan dibidang kelautan. Apa pula beda kelautan dan kemaritiman itu juga belum bisa difahami.

Belum selesai dengan bu Rini kini Rizal membuka front dengan pak JK mengenai proyek listrik 35.000 Megawat yang katanya tidak realistis terlalu besar dan takut tak bisa dicapai targetnya. Sepertinya pak Rizal benar. Jika tidak sesuai target bisa sia-sia jika terbengkalai nantinya. Tapi bisa juga pak Rizal salah. Jika bisa berhasil mencapai target ya yang untung juga nanti rakyat bisa meninkmati listrik yang selama ini tidak ada listrik atau krisis listrik bisa teratasi dengan mega proyek PLN itu.

Nah lagi-lagi memang yang disoroti Rizal adalah proyek yang ada di BUMN. Garuda dan PLN adalah BUMN yang semuanya bermuara ke menteri Rini. Jadi sebenarnya pak Rizal ini curiga bahwa bu Rini nantinya tak bagi-bagi komisi proyek hehehe. Lah ini ulasan dan analisa dari orang pasaran saja bukan ahli politik. Sederhananya kan gitu ya.

Kita lihat saja nanti kalau pak Rizal lemah dan berhenti mengkritisi pastinya ada anu-anunya (mungkin terima komisi juga hahaha). Tapi hati-hati jika memang ada anu-anunya apakah mereka siap pakai rompi orange KPK? Saya yakin bu Rini tak mau bikin Presiden Jokowi malu. Jangan malah ngikuti jejak sang mantan yang menterinya banyak jadi tangkapan KPK.

Lalu kaitannya dengan tidak takut dicopot apa? Jelas pak Rizal tak takut dicopot dari jabatan menteri kemaritiman karena sesuai pengakuan beliau tidak minta jadi menteri dan bahkan ingin menolak jika pak Jokowi tidak bilang rakyat yang meminta maka pak Rizal tak akan mau jadi menteri.

Gunawan

Pengamat Politik & Sosial Kemasyarakatan follow @GUNAWANug https://www.facebook.com/gunawankompasianer PIN BB 56E755C9

Check Also

68fd4977-28a7-4be0-a37d-18956f384b07_43

HRS Dijemput Pengikutnya di Bandara Bikin Malu Dunia Internasional

Kabarkanlah.com – Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan bicara soal rencana pendukung imam besar FPI ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//