Home / Humaniora / Sosbud / Pak Ustaz, Ahok, dan Kisah Bani Israil

Pak Ustaz, Ahok, dan Kisah Bani Israil

Sebarkan:

main-pasir-55db3f6de8afbd1618059dc0

Semasa sekolah ibtida’iyah dulu (setaraf SD) ada seorang ustaz yang cara mengajarnya unik dan kami sangat menyukainya, Ustaz Muhaimin namanya. Dia lebih banyak mendongeng ketimbang menerangkan mata pelajaran. Setiap giliran Dia mengajar tak satupun di antara kami sudi untuk membolos. Rugi rasanya melewatkan kisah-kisah yang akan diceritakan Pak Ustaz. Bagi kami -yang masih kelas 4 dan media hiburan anak pada masa itu hanya ada TVRI doang- Ustaz Muhaimin adalah seorang seniman hebat gak kalah dengan Sujiwo Tejo sekarang atau Garin Nugroho sekalipun.

Saat mendongeng, Dia seperti menghipnotis kami. Mimik wajah dan gerak tubuhnya ketika mengikuti karakter dongengnya membuat kami semua terpukau, haru-biru, tertawa terbahak-bahak, bahkan menitikan air mata. Saya masih ingat betul beberapa dongeng yang Ia kisahkan itu, baik yang fiksi maupun kisah kisah yang Ia ambil dari Al Qur’an.

Saya juga masih ingat betul dengan salah satu dongeng Pak Ustaz yang diambil dari kisah dalam Al Quran yang mengisahkan tentang Thalut, pemimpin yang diturunkan guna memimpin Bani Israel melawan Jalut. Entah karena demikian ahlinya Ustaz mendongeng waktu itu atau karena Dia begitu menjiwainya, Saya seperti melihat sosok Thalut beneran saat Ustaz menirukan dialog Thalut yang gagah dan jumawa itu. Saya juga seperti betul-betul melihat wajah nyiyir penuh kemunafikan para pemuka Bani Israel saat Ustaz menirukan dialog mereka. Pokoknya, hebat euy, Pak Ustaz.

Entah mengapa ketika begitu banyak pemberitaan mengenai Ahok akhir-akhir ini, Saya kok tiba-tiba jadi keingetan sama Ustaz Muhaimin sewaktu mendongeng kisah Thalut itu. Dongeng Ustaz yang mengisahkan bagaimana ketika pemuka pemuka Bani Israel memohon kepada nabinya agar berdoa kepada Tuhan meminta diturunkan seorang pemimpin yang tangguh guna melawan Jalut. Dan ketika Tuhan benar-benar mengabulkan doa mereka dengan mengirimkan Thalut di tengah-tengah mereka, mereka malah menolak Thalut dengan dalih karena tidak segolongan dengan mereka.

Saya tidak sedang mengait-ngaitkan kisah tersebut dengan kepemimpinan Ahok yang sekarang lagi heboh itu. Apalagi berani mengatakan bahwa Ahok adalah Thalut di zaman sekarang. Saya juga bukan agamawan yang memiliki otoritas untuk menjelaskan tentang koorelasi Ayat Ayat Tuhan itu pada kehidupan manusia. Saya hanya tiba tiba terbersit saja di dalam pikiran saya, kok tiba-tiba jadi inget cerita Ustaz Muhaimin dulu itu ya saat baca berita tentang Ahok.

Beberapa tahun yang lalu, ketika nyaris seluruh elemen bangsa ini keranjingan ber-istighosah; berdoa bersama para da’i kondang atau habib yang konon katanya memiliki jama’ah jutaan, Saya termasuk pernah ikutikutan. Saya melihat para da’i dan habib berdoa sambil menangis, meratap memohon agar diturunkan pemimpin yang amanah, pemimpin yang jujur, pemimpin yang kuat untuk memperbaiki bangsa ini. Dan ribuan peserta istighosah-pun mengamininya. Nah, imajinasi Sayapun melayang ke dongeng Pak Ustaz, mungkin seperti ini juga yang dilakukan Bani Israel dalam kisah itu. Wallahu a’lam.

Dan ketika Tuhan mengabulkan doa itu, mungkin –sekali lagi mungkin- dalam bentuk mengirim orang seperti Ahok, Hehe…, jangan-jangan, kita juga yang menolaknya dengan keras, ribut menghujat dan berupaya menurunkannya karena Dia Cina, Kristen, pokoknya bukan dari golongan kita aja. Dan kalau dipikir-pikir, Kita hidup berbangsa dan bertanahair ini mirip anak kecil yang sedang bermain rumah-rumahan pasir di pantai. Membangun kemudian setelah jadi menginjak-injaknya dengan gelak tawa. Bangun lagi, injak-injak lagi, dan begitu seterusnya.

Salam Damai dari Saya.

Ilustrasi: 2bbettermom.wordpress.com

http://www.kompasiana.com/laurairawati/pak-ustaz-ahok-dan-kisah-bani-israil_55db2f7d92fdfd5f09003629

 

Kabar One

Check Also

isis

Jokowi Presiden ISIS ?

Wah gawat ini, Jokowi ternyata ada hubungan dengan ISIS. Bahkan Jokowi selalu dituduh menjadi presiden ISIS. Kaum ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//