Home / Kesehatan / Manfaat Bunga Kitolod untuk Menyembuhkan mata Minus dan Silindris

Manfaat Bunga Kitolod untuk Menyembuhkan mata Minus dan Silindris

Sebarkan:
kitolod-herbalBunga Kitolod biasanya tumbuh liar di sawah, ladang, di semak-semak maupun dipingiran selokan. Tanaman “bunga Kitolod” lebih dikenal oleh orang jawa dengan sebutan “bunga kintolo”. Bentuknya panjang dan berwarna Putih.

 

Tanaman Kitolod berkasiat menyembuhkan sakit mata sejenis katarak, tumor mata, dan mata minus. Sebenarnya cara ini merupakan salah satu alternatif alamiah yang berasal dari negeri Cina. Memang jarang orang yang mengetahuinya.

Tanaman Kitolod ini juga bisa dipakai untuk perawatan mata.

Cara :

1. Cabut bunga, pilih bunga yang masih segar (lebih baik pagi hari). Cabut bunga sampai ke pangkal akarnya (Jangan hanya diambil bunganya saja).

2. Di dalam tangkainya terdapat getah. Buka ujung pangkal tangkainya dan teteskan getahnya ke mata.

 

Atau dengan cara lain:
1. Cabut bunga, pilih bunga yang masih segar (lebih baik pagi hari). Cabut bunga sampai ke pangkal akarnya (Jangan hanya diambil bunganya saja).
2. Kemudian bunga kitolod dicelupkan ke air bersih dulu.
3. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum meracik

4. Siapkan peralatan seperti mangkok/gelas, sendok makan dan cepuk mata. Peralatan yang akan digunakan harus dalam keadaan bersih.

5. Masukkan 3 bunga kitolod (untuk 2 pasang bola mata) ke dalam mangkok/gelas, lembutkan/haluskan bunga kitolod menggunakan sendok makan, kemudian siram dengan air hangat yang telah mendidih (kira-kira 6 sendok makan). Diamkan sampai dingin.
6. Saring/pisahkan ampasnya, lalu airnya masukkan ke dalam cepuk mata. Masukkan mata ke dalam cepuk, dengan mengedip-ngedipkan mata. Tahan sampai 3 menit lalu angkat. Ulangi sampai 3 x (masing-masing mata sama).
Perlu diperhatikan bahwa celupan pertama pada mata rasanya pedih sekali. Setelah selesai celupan mata yang ke-3 kalinya, maka mata akan merah sekali dan terlihat akar matanya tetapi akan hilang dalam 10 menit. Rasakan setelah itu, penglihatan akan tampak cerah dan bening.
Note :
Semakin pedih saat mencuci mata, berarti mata terdapat banyak bakteri. Bila mempunyai masalah mata, lakukan rutin setiap hari. Bila hanya untuk perawatan saja, lakukan 3 hari sekali / 1 minggu sekali.

 

*Ingat, kesembuhan hanyalah milik Allah SWT semata, kita hanya bisa berusaha*

Kabarkanlah

Portal Berita Warga kabarkanlah.com

Check Also

paprika

Paprika Merah Buah yang bikin Panjang Umur

Kabarkanlah.com –¬†Memiliki usia panjang dengan kondisi kesehatan yang mengesankan tentu menjadi impian dari semua orang. ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//