Home / Saintek / Terapan / Instagram, Sebuah Wadah Seni

Instagram, Sebuah Wadah Seni

Sebarkan:

Siapa yang tidak kenal Instagram ? Media sosial yang satu ini sangat populer di seluruh dunia, terutama bagi para remaja. Disini, orang-orang dapat dengan bebas memilih dan membagikan foto-foto yang mereka miliki dengan orang lain. Tak sekadar membagikan foto dengan orang lain, beberapa orang juga menjadikan Instagram sebagai sarana berjualan, hiburan, bahkan mendapatkan ketenaran melalui media sosial ini. Hal ini bisa dilihat dari menjamurnya online shop yang berbasis Instagram yang menawarkan produk yang beragam, lalu fenomena celebgram atau selebritis Instagram yang kehidupannya menarik untuk diikuti, dan tak lupa account komedi yang berisi video-video dan gambar-gambar yang mengundang tawa.

Tidak hanya itu, Instagram juga menjadi sebuah media untuk mereka yang memiliki bakat di bidang desain dan fotografi. Banyak seniman dan orang awam yang membuat account Instagram untuk membagikan hasil karya mereka dan mendapatkan apresiasi yang baik dari banyak orang. Biasanya feeds atau foto-foto yang mereka bagikan memiliki keunikan dan keindahan, baik dari objek yang mereka foto, background foto, maupun teknik pengeditan yang ada dalam foto tersebut. Bahkan, kini banyak terdapat komunitas fotografi dan desain yang ada di Instagram, dan berhasil mempertemukan banyak orang untuk melakukan kerjasama atau kolaborasi di bidang fotografi dan desain.

Nah, tiap-tiap mereka, memiliki gaya dan ciri khasnya sendiri yang membedakan feeds-nya dengan feeds lain. Namun menurut pengamatan saya, dapat dibagi menjadi beberapa tipe :

 

1. #STREETSTYLE

Mereka melihat kehidupan manusia sehari-hari dan rutinitas sebagai objek yang menarik dan memiliki warna tersendiri dalam sebuah foto. Untuk itu, mereka yang menekuni street photography ini harus jeli mengambil momen-momen unik dan lihai untuk mengatur angle atau posisi foto, mengingat foto itu mereka ambil secara spontan atau candid. Kemudian momen-momen unik tersebut biasanya mereka olah dengan filter yang tidak banyak dan tidak jarang mereka tidak menggunakan filter, karena foto yang mereka ambil sudah memiliki keunikannya sendiri.

2. #NATURE
Mereka melihat alam sebagai objek yang indah dan menarik untuk diambil. Bentuk-bentuk alam yang unik dan menawan, mereka olah menjadi lebih artistik dengan pemberian filter (tone warna pada foto) dan pengaturan-pengaturan lain. Objek yang mereka foto beragam, mulai dari gunung, lautan, padang rumput, tebing-tebing, objek wisata alam, fenomena alam, dan lain-lain. Bahkan, menurut pengamatan saya, kini banyak orang mulai suka mengunjungi objek wisata alam dan tempat-tempat yang memiliki kondisi alam yang indah untuk hunting foto dan membagikannya di Instagram. Hal ini merupakan hal yang positif untuk memajukan dan mengembangkan potensi alam dan juga pariwisata, serta menyadarkan manusia untuk mencintai alam dan menjaga keindahannya.
From @smitanaya

3. #MINIMALISM
From @samuel.koentoro

Objek-objek foto yang mereka ambil sangatlah simpel dan sederhana, namun entah mengapa terlihat indah dan rapi. Mereka memiliki pandangan bahwa “Less is good”. #MINIMALISM ini mengandalkan background yang polos dan sederhana, pencahayaan yang maksimal, dan objek-objek yang difoto biasanya diambil secara geometris dan rapi. Walaupun objek yang mereka foto sangat sederhana, bahkan dalam satu foto hanya ada satu objek dan background berwana putih polos, teknik mengambilnya bukanlah hal yang mudah. Diperlukan pencahayaan yang cukup dan ketelitian untuk menghasilkan foto yang minimalis dan rapi. Teknik pengeditan mereka biasanya menggunakan filter dan pengaturan brightness, exposure, saturation dan lain-lain.

4. #HIPPIE

Objek-objek yang mereka foto sangatlah unik, berbeda, dan tidak terduga. Mereka bisa menggunakan objek di sekitarnya dan menyusunnya menjadi sebuah komposisi yang tak terduga dalam sebuah foto. Mereka terinspirasi dari gaya kontemporer, retro, vintage, bohemian, dan lain-lain. Selain itu, mereka juga terampil dalam mengedit suatu foto menjadi terlihat unik, sedikit aneh, namun terlihat indah dan berwarna. Selain foto, beberapa dari mereka juga membuat karya instalasi dan collage yang unik dan memiliki makna tersendiri.

Sumber:

http://www.kompasiana.com/samuelkk/instagram-sebuah-wadah-seni_55ee02be2bb0bdc5109fcb16

 

Kabar One

Check Also

1006167Periscope-horisontal780x390

Dengan Periscope, Kamu Bisa Lakukan 4 Hal Menarik Ini

Setelah Vine dan Snapchat, kini Periscope turut meramaikan jejeran media sosial berbasis video. Layanan live-streaming ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//