Home / Kesehatan / Menjaga Agar Otak Kita Berkerja Maksimal hingga di Hari Tua

Menjaga Agar Otak Kita Berkerja Maksimal hingga di Hari Tua

Sebarkan:

Menjaga Agar Otak Sebagai Motor Penggerak Kehidupan Tetap Berfungsi Maksimal

Otak adalah bagian terpenting dari tubuh kita.Bahkan dapat dikatakan menjadi motor penggerak atas kelangsungan hidup manusia.

Ada dua definisi tentang mati. Pada umumnya seseorang dikatakan sudah meninggal apabila jantungnya tidak lagi bekerja. Namun ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa sekalipun jantung seseorang masih berdetak ,namun bila otaknya sudah tidak dapat lagi digunakan, maka sesungguhnya ia sudah meninggal.

Namun ini hanya sekedar informasi saja, bukan menjadi topik bahasan dalam tulisan ini.

Roger W.Sperry , yang mendapatkan hadiah nobel, sudah mempopulerkan tentang peran otak manusia.,sejak di era tahun 60 an. Roger menemukan bahwa sesungguhnya otak manusia itu terdiri dari otak kiri dan otak kanan.

Otak kiri melakukan fungsinya dengan:

berpikir secara teratur
menganalisa
memahami kata demi kata
Otak kanan berperan secara holistic :

Menganalisa pola hidup
Menterjemahkan emosi
Melahirkan ekspresi non verbal
Karena itu dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya manusia itu terdiri dari dua jalur pikiran yang saling mendukung satu dengan lainnya.

Misalnya ,belahan otak kiri mengontrol tubuh bagian kanan dan sebaliknya otak bagian kanan mengontrol bagian tubuh sebelah kiri. Daya ingat otak kiri bersifat short term atau memory jangka pendek. Karena itu bila seseorang mengalami cidera pada otak bagian kiri,maka ia akan mengalami kesulitan untuk berbicara.

Langkah Langkah Menjaga Otak Tetap Berfungsi Maksimal

Hindari beban pikiran yang melampau ambang ketahanan kita
Menstimulasi otak kita dengan membaca ,menulis dan berinteraksi
Jalani hidup dengan penuh rasa syukur
Pahami bahwa dalam hidup tidak semua hal bisa diukur dengan matematika
Coba pahami bahwa masalah adalah petanda kita masih hidup’
Hanya orang pikun dan orang mati yang tidak punya masalah
Bahwa untuk meraih cita cita hidup,perlu perjuangan panjang
Tidak ada lampu aladin dalam realita hidup
Kegagalan dan kegagalan bukan akhir segalanya
Malahan merupakan anak anak tangga mencapai kesuksesan
Always be yourself, jangan pernah ingin jadi orang lain
hidup  itu harus berjalan seimbang
Pengalaman Pribadi

Diberikan usia panjang ,tentu merupakan sebuah kebahagiaan dan rasa syukur yang tak berkesudahan.Namun usia panjang ,yang tidak diikuti dengan kesehatan jiwa raga dan kemampuan berpikir yang baik tidak dapat dinikmati lagi.Malahan akan jadi beban bagi anak cucu.

Dalam usia menapaki ke 73, kami berdua bisa melakukan kegiatan apapun,tanpa halangan. Malahan kami melakukan traveling tanpa perlu dikawal ataupun  ikut dalam rombonga. Melakukan perjalanan jauh ,dengan penerbangan mencapai 30 jam, sama sekali tidak menjadi masalah bagi kami. Malahan merupakan sebuah sukacita,menikmati hari hari kami dengan penuh rasa syukur.

Semoga tulisan singkat ini,mampu menghadirkan butir butir pencerahan diri .Setidaknya untuk mengingatkan kita semua, bahwa otak kita ,adalah karunia Tuhan yang tak ternilai,yang patut kita jaga dan di gunakan untuk hal hal yang positif.

Mt.St,Thomas, 18 Sep. 15

Tjiptadinata Effend

http://www.kompasiana.com/tjiptadinataeffendi21may43/menjaga-agar-otak-kita-berkerja-maksimal-hingga-di-hari-tua_55fb802e0bb0bdad12258171

Kabar One

Check Also

paprika

Paprika Merah Buah yang bikin Panjang Umur

Kabarkanlah.com – Memiliki usia panjang dengan kondisi kesehatan yang mengesankan tentu menjadi impian dari semua orang. ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//