Home / Sharing / Komunikasi Suara Masih Penting di Era Broadband Saat Ini

Komunikasi Suara Masih Penting di Era Broadband Saat Ini

Sebarkan:

Informasi dan komunikasi saat ini diwarnai  dengan  perkembangan teknologi yang sangat  pesat, baik teknologi perangkat, aplikasi, konten dan juga jaringan. Pada teknologi perangkat ditandai dengan semakin banyaknya perangkat yang terhubung ke internet. Perangkat tersebut antara lain komputer personal, ponsel pintar atau smart phone, smart watch, smart TV, surveillance camera, kamera digital, kacamata dan bahkan mobil.

Konten dan aplikasi internet menunjukkan perkembangan teknologi dan jumlah yang luar biasa. Platform seperti Google Play atau Apple Appstore mempunyai ratusan ribu aplikasi di dalamnya. Konten video streaming juga semakin populer. Pengguna situs video streaming Youtube telah lebih dari 1 milyar orang. Setiap hari terdapat lebih dari 4 juta kali orang menonton video di Youtube. Setiap menit diperkirakan terdapat tambahan video baru sepanjang 3.000 jam.

Sedangkan teknologi jaringan telekomunikasi ditandai dengan komersialisasi 4G untuk komunikasi bergerak dan teknologi fiber optik untuk komunikasi tetap. Teknologi jaringan pita lebar tersebut memungkinkan kecepatan komunikasi data yang semakin tinggi.

Dengan perkembangan berbagai teknologi tersebut, cara berkomunikasi pun terus berkembang. Jumlah pengguna internet di Indonesia yang pada tahun lalu sudah mencapai lebih dari 75 juta orang menyebabkan internet semakin menjadi tulang punggung cara orang berkomunikasi. Social media sedang mengalami popularitas yang tinggi di Indonesia. Jumlah akun facebook di Indonesia telah mencapai 74 juta dan pengguna Twitter telah mencapai 35 juta orang. Jakarta menjadi kota di dunia yang paling cerewet di Twitter. Sehingga Jakarta sempat disebut sebagai ibukota Twitter di dunia. Tingkat popularitas aplikasi instant messaging juga semakin tinggi, seperti Whatsapp, Blackberry Messenger, Line, Telegram.

Tetapi ternyata komunikasi suara masih merupakan cara berkomunikasi   yang penting. Berdasarkan data dari Roy Morgan Research, lebih dari 98% pengguna ponsel masih menggunakan komunikasi suara atau telepon untuk berkomunikasi. Bahkan prosentase yang sama yaitu 98% dari pengguna ponsel pintar juga masih menggunakannya untuk bertelepon. Komunikasi suara atau telepon memang mempunyai karakteristik yang memberikan keuntungan khusus dalam melakukan komunikasi. Dalam artikel di Inc.com berjudul  “Communication in 2015: Text, Voice, Video or In-Person?”, Jayson DeMers, pakar social media marketing juga mengungkapkan bahwa komunikasi suara mempunyai beberapa keunggulan, antara lain intonasi suara melalui telepon juga merupakan bagian dari informasi dan juga bisa merepresentasikan perasaan yang tidak didapatkan saat kita berkomunikasi melalui social media atau instant messaging.

Demikian juga dengan layanan IndiHome dari Telkom. Layanan ini menggunakan teknologi jaringan fiber optik untuk memberikan pengalaman akses broadband terbaik  bagi pelanggan. Layanan dasarnya mencakup tripleplay, akses internet, telepon dan TV interaktif. Akses internet disediakan sampai dengan kecepatan 100 Mbps. TV interaktif dalam paket tersebut mempunyai berbagai pilihan channel TV favorit dan dilengkapi fitur canggih yang memungkinkan kita bisa memutar ulang berbagai tayangan TV sampai 7 hari yang lalu. Sehingga kita mempunyai kebebasan memilih waktu untuk menonton tayangan TV favorit.

Sesuai uraian di atas, karena komunikasi suara masih penting bagi pelanggan, maka layanan telepon juga terus dikembangkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi suara. Pertama adalah kebebasan melakukan panggilan telepon rumah baik lokal maupun interlokal sebanyak 1.000 menit per bulan, khusus bagi pelanggan IndiHome.

Kedua, dengan melakukan registrasi kartu Halo baru, pelanggan IndiHome bisa mendapatkan manfaat melakukan panggilan sepuasnya ke seluruh nomor Telkomsel, baik kartu Halo, Simpati maupun As hanya dengan Rp 68.000,- per bulan. Paket ini dikenal dengan IndiHome Telkomsel Mania (http://www.indihome.co.id/indi-home-telkomsel-mania).  Kemudian pada bulan September 2015, dirilis paket IndiHome Telepon Mania, yaitu menelepon sepuasnya dari telepon rumah ke seluruh nomor Telkomsel. Manfaat ini diberikan khusus untuk pelanggan IndiHome, hanya dengan menambah Rp 88.000,- per bulan. Bedanya, pada paket layanan tambahan ini, pelanggan IndiHome tidak harus melakukan registrasi kartu Halo baru terlebih dahulu. Informasi lebih lanjut mengenai IndiHome Telepon Mania dapat ditemukan di http://www.indihome.co.id/indi-home-telepon-mania.

Ketiga, khusus pelanggan IndiHome yang menggunakan panggilan ke luar negeri juga disiapkan paket IndiHome Global Call. Paket ini merupakan cara menelepon hemat ke 10 negara pilihan mulai dari Rp 50.000,- per bulan. Informasi lebih lengkap dapat dilihat di http://www.indihome.co.id/indi-home-global-call. (Adv)

http://biz.kompas.com/read/2015/10/06/084417228/Komunikasi.Suara.Masih.Penting.di.Era.Broadband.Saat.Ini?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

Kabar One

Check Also

poligami[1]

Tips Agar Bisa Poligami

KABARKANLAH.COM – Maaf bagi yang sudah menikah dilarang membaca tips ini. Tips ini hanya berlaku ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//