Home / Religi / Islam / Keren Ada Wanita Berhijab di Google Doodle di Hari Perempuan Internasional

Keren Ada Wanita Berhijab di Google Doodle di Hari Perempuan Internasional

Sebarkan:
Google Doodle Hari Perempuan Internasional
Google Doodle Hari Perempuan Internasional

Hari ini 8 maret adalah hari perempuan internasional. Google memperingatinya dengan  membuat google Doodle3 yang spesial. Dimana ada wanita berhijab dalam doodle tersebut.

Hari perempuan internasional ini dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Di antara peristiwa-peristiwa historis yang terkait lainnya, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

Sementara wanita berhijab atau berjilbab yang digambarkan google ini menunjukkan bahwa wanita berhijab sudah diakui eksistensinya di dunia internasional. Wanita berhijab tidak yanya berkurung di rumah saja tetapi sudah ikut aktif dalam kegiatan kemaslahatan umat.

Walau masih banyak yang mendeskreditkan wanita terutama dalam Islam namun masih terjadi perdebatan antar ulama apakah wanita Islam boleh ikut aktif seperti laki-laki atau hanya di rumah saja.

Dalam doodle ini sepertinya Google hendak memberitahu bahwa wanita Islam juga telah merdeka dan mendapatkan hak-haknya sebagai wanita yang tidak lagi menjadi pemuas nafsu sahwat saja. Namun mereka sudah mendapatkan hak yang sama seperti laki-laki.

Di Barat, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional.

Di Indonesia peringatan hari perempuan internasional hari ini rencananya 400 perempuan akan melakukan demo aksi damai di depan Istana. mereka akan menuntut ketimpangan-ketimpangan yang masih ada terhadap kaum perempuan. Semoga saja aksi perempuan-perempuan ini tidak ditunggangi oleh politikus yang benci nterhadap pemerintahan Jokowi.

Salam hari perempuan internasional

 

Gunawan

Pengamat Politik & Sosial Kemasyarakatan follow @GUNAWANug https://www.facebook.com/gunawankompasianer PIN BB 56E755C9

Check Also

593b42d0-3a30-40b1-a817-c1d6a305a18a_43

Prabowo Resmi Jadi Capres Gerindra

  Kabarkanlah.com – Partai Gerindra secara resmi memberikan kepada Prabowo Subianto maju jadi capres 2019. ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//