Home / Kabar / Luar Negeri / Pemerintah AS Terancam Tutup?

Pemerintah AS Terancam Tutup?

Sebarkan:

ap-donald-trump-speech-02x-jc-170127_12x5_1600

Washington DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trunp dikabarkan mulai melunak soal usulan pembiayaan tembok perbatasan dengan Meksiko senilai 22 miliar US$ (Rp 290 Trilliun). Usulan biaya tembok perbatasan itu memicu potensi penutupan pemerintah AS, jika rencana anggaran tidak disepakati.

Trump mengindikasikan keterbukaan untuk menunda usulan anggaran tembok perbatasan, yang menjadi janji di kampanyenya sejak lama. Hal ini dilontarkan Trump dalam pertemuan privat dengan beberapa media konservatif AS.

Trump mengkonfirmasi bahwa, dirinya mungkin akan menunggu hingga para anggota Kongres dari Partai Republik merancang cetak biru untuk anggaran tahun fiskal yang dimulai 1 Oktober, sebelum mencari dukungan dana pemerintah untuk pembangunan tembok perbatasan Meksiko.

CNN juga menyampaikan, yang mengutip seorang Pejabat Gedung Putih yang enggan disebut namanya. Pejabat Gedung Putih itu memberikan informasi pada Senin (24/4) malam waktu setempat. Bahwa Trump tidak akan bersikeras mengusulkan anggaran tembok perbatasan demi menjaga pemerintahan tetap berlangsung.

Menurut Pejabat Gedung Putih tersebut, anggaran untuk ‘keamanan perbatasan’ cukup memuaskan Trump untuk saat ini, dengan harapan pembiayaan tembok AS-Meksiko itu masuk dalam perundingan anggaran negara selanjutnya. Perlu diketahui bahwa anggaran ‘tembok perbatasan’ berbeda dengan anggaran untuk ‘keamanan perbatasan’

“Politik adalah seni berkompromi”,  imbuh pejabat Gedung Putih itu.

Melunaknya Trump ini terjadi setelah beberapa pejabat pemerintahan Trump melontarkan pernyataan yang mengindikasikan Gedung Putih dan Trump bersikeras agar biaya tembok perbatasan masuk rencana anggaran. Trump sendiri sebelumnya telah menegaskan pentingnya pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko via Twitter miliknya.

“Tembok itu merupakan alat yang sangat penting dalam menghentukan narkoba mengalir ke dalam Negara kita dan meracuni kaum muda kita (dan banyak lagi)! Jika tembok itu tidak dibangun, maka situasi narkoba tidak akan pernah menjadi seperti seharusnya! #BuildTheWall”, kicau Trump (24/4) waktu setempat.

Jika memang nantinya Trump akan menunda usulan biaya tembok perbatasan, maka pemerintahan AS mungkin tidak perlu tutup seperti yang dikhawatirkan banyak pihak. Biaya tembok perbatasan ini menjadi pengganjal disepakatinya rencana anggaran AS, karena penolakan dari anggota Kongres dari Partai Demokrat.

Meskipun Republikan menguasai Kongres AS, sebuah rencana anggaran membutuhkan sedikitnya 60 dari total 100 suara anggota Senat AS. Republikan hanya menguasai 52 kursi Senat, sisanya sipegang oleh Senator Partai Demokrat. Berarti harus ada sedikitnya 8 Senator Partai Demokrat yang mendukung rencana anggaran ini agar bisa disetujui.

Jika sampai Jumat (28/4) tengah malam waktu AS, rencana anggaran itu tidak kunjung disepakati, maka pemerintah AS tidak akan punya anggaran untuk menjalankan pemerintahan dari 29 April hingga 30 September mendatang dan terpaksa ditutup.

lailaaan392

lailaaan392

Check Also

anies

Anies Mengkritisi Slogan Presiden Jokowi “Saya Pancasila , Saya Indonesia”

Kabarkanlah.com  – Anies Kritik Kalimat Saya Indonesia Saya Pancasila, Anies mengkritisi slogan yang dipopulerkan oleh ...

Comments

Tinggalkan Balasan

//